Jakarta, CNN Indonesia

Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen Richard TH Tampubolon membeberkan jejak penyerangan yang dilakukan anggota KKB Abu Bakar Kogoya sebelum tewas dalam kontak tembak, Kamis (4/4) lalu.

Richard mengatakan Abu Bakar sebelumnya terlibat penembakan dan penyerangan di Kuala Kencana, Papua. Selain itu, Abu Bakar terlibat penembakan kendaraan-kendaraan di wilayah PT Freeport.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Terlibat dalam penembakan, penyergapan aparat yang sedang bertugas,” kata Richard di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

Dia mengatakan sebelum terlibat kontak tembak dengan aparat pada Kamis, Abu Bakar juga disebut mengeluarkan letusan tembakan di Area Mile 69 Kali Kuluk, Tembagapura yang membuat masyarakat ketakutan.

Aparat gabungan lalu datang ke TKP dan terjadi kontak tembak.

“Aparat gabungan dari Damai Cartenz, Satgas Nanggapa, dari Koops Habema bisa melakukan penegakan hukum secara tegas terukur kepada yang bersangkutan,” kata Richard.

Sebelumnya, dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dilaporkan meninggal dunia usai kontak tembak dengan aparat gabungan TNI-Polri di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis sore. Salah satunya, Abu Bakar Kogoya.

KKB adalah sebutan aparat terhadap milisi bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Aparat disebut menemukan sepucuk pistol usai kontak tembak tersebut. Richard mengatakan di pihak aparat TNI-Polri, tidak ada korban jiwa maupun senjata.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *