Jakarta, CNN Indonesia

Sebanyak 47.005 pemudik berangkat dari sejumlah stasiun yang berada di bawah wilayah Daerah Operasi 1 Jakarta pada Sabtu (6/4) atau H-4 Lebaran.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyebut, seluruh penumpang berangkat dari sejumlah stasiun di Jakarta dan sekitarnya.

Riciannya, sebanyak 19.192 penumpang dari Stasiun Gambir, 26.777 penumpang dari Stasiun Pasar Senen, dan sisanya dari beberapa stasiun lain seperti Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang, dan Cikarang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Berdasarkan data hari ini tanggal 6 April 2024, hari ini merupakan puncak arus mudik tertinggi, yaitu sebanyak 47 ribu lebih pemudik menggunakan jasa angkutan kereta api yang berangkat dari Jakarta,” kata Ixfan dalam keterangannya, Sabtu (6/4).

Ixfan menerangkan, jumlah penumpang pada hari ini merupakan yang tertinggi dibanding kemarin H-5 Lebaran dengan 46.509 penumpang dan besok Minggu (7/4) di angka 46.374 calon penumpang yang telah memiliki tiket.

Sampai hari ini, sebanyak 251.273 kursi masih tersisa untuk keberangkatan H+1 hingga H+10 atau 11-21 April mendatang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Pada saat yang sama, Ixfan mengingatkan ke seluruh calon penumpang untuk memerhatikan barang bawaannya agar tidak melebihi aturan batas maksimal sebesar 20 kilogram (kg) per penumpang.

Barang bawaan yang melebihi ketentuan tersebut akan dikenakan bea sebesar Rp10 ribu/kg untuk kelas eksekutif, Rp6 ribu/kg untuk kelas bisnis, dan Rp2 ribu/kg untuk kelas ekonomi.

“Pelanggan diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan biaya tambahan maksimal 20 kg dengan volume maksimum 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 cm dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 item bagasi,” ucap dia.

(mnf/asr)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *