Jakarta, CNN Indonesia

Saksi dan ahli dari kubu 03 Ganjar Pranowo -Mahfud MD akan memberikan keterangan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, Selasa (2/4).

Sidang perkara 2/PHPU.PRES-XXII/2024 ini akan digelar di gedung Mahkamah Konstitusi (MK) mulai pukul 8.00 WIB.

“Selasa 2 April pukul 08.00 WIB, Pembuktian Pemohon (Mendengarkan keterangan ahli dan saksi Pemohon dan Pengesahan alat bukti tambahan Pemohon),” demikian dikutip dari laman resmi MKRI.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

MK memberi batasan maksimal 19 saksi dan ahli untuk diajukan oleh pemohon. Hingga saat ini belum diketahui daftar nama tersebut. Nama saksi dan ahli baru akan terungkap di persidangan.

Kubu 01 Anies-Muhaimin (AMIN) juga telah menjalani sidang dengan agenda yang sama pada Senin (1/4). Para saksi dan ahli dari kubu AMIN memberikan keterangan mulai dari dugaan politisasi bansos hingga intimidasi warga untuk memenangkan kubu 02 Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud menggugat hasil Pilpres 2024 ke MK lantaran tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memenangkan Prabowo-Gibran.

Dalam keputusan KPU, Prabowo-Gibran menang dengan perolehan 96.214.691 suara atau 58,6 persen suara sah nasional. Sementara itu, Anies-Muhaimin meraih 40.971.906 suara atau 24,9 persen suara sah nasional. Lalu Ganjar-Mahfud mendapatkan 27.040.878 suara atau 16,5 persen suara sah nasional.

Permohonan kedua kubu ini terdapat kesamaan yaitu menginginkan Gibran Rakabuming Raka didiskualifikasi dalam Pilpres 2024. Mereka sama-sama ingin pemungutan suara diulang tanpa keikutsertaan Prabowo-Gibran.

Mereka juga menilai Pemilu 2024 penuh dengan kecurangan dan intervensi dari Presiden Joko Widodo.

Dalam sidang sengketa Pilpres ini, KPU menjadi pihak yang termohon. Sementara itu, kubu 02 menjadi pihak yang terkait.

(yla/wis)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *