Jakarta, CNN Indonesia

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan desa di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan berubah status jadi kota. Pasalnya desa-desa itu masuk dalam kawasan IKN Nusantara.

“Wilayah desa yang masuk kawasan Kota Nusantara, nanti statusnya bukan lagi desa akan tetapi menjadi kota,” kata Kepala OIKN Bambang Susantono di Penajam Paser Utara, Jumat (12/4) seperti dilansir dari Antara.

Bambang mengatakan dalam lima tahun ke depan OIKN akan memasukkan program pembenahan dan pembangunan infrastruktur jalan desa masuk kawasan Kota Nusantara sebagai proyek yang harus dituntaskan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

OIKN memastikan program perbaikan dan pembangunan infrastruktur desa sebagai program infrastruktur Kota Nusantara.

Program itu bisa dilakukan dengan berbagai macam skema seperti melalui instruksi presiden (Inpres) jalan daerah. Tetapi terlebih dahulu dana desa yang cukup besar dimaksimalkan penggunaannya untuk saat ini.

OIKN juga menyiapkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga meningkatkan kesiapan warga menyambut Kota Nusantara, karena membuka kesempatan dari sektor ekonomi.

“Kami akan siapkan warga agar faham bagaimana mengelola finansial dan transaksi digital,” jelasnya.

Diharapkan warga dapat memanfaatkan peluang untuk menjadi bagian transformasi ekonomi, sosial, budaya dan kultural.

Identitas warga berupa kartu tanda penduduk (KTP) juga bakal berganti menjadi KTP Kota Nusantara, bukan lagi Kecamatan Sepaku.

(ant/sur)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *