Jakarta, CNN Indonesia

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menunda penerapan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dan contraflow arus balik Lebaran 2024.

Berdasarkan jadwal, seharusnya one way dari KM 414 GT Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai diberlakukan pada Jumat (12/4) pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk contraflow dari KM 72 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek seharusnya juga mulai diberlakukan hari ini pukul 14.00 WIB.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyampaikan rekayasa lalu lintas tersebut ditunda dikarenakan arus kendaraan saat ini masih di bawah parameter.

“Kami memutuskan untuk one way dari (KM) 414 ke (KM) 72 sesuai jadwal jam 14.00 ini sementara kami tidak laksanakan,” kata Aan kepada wartawan, Jumat (12/4).

Aan menerangkan berdasarkan pemantauan, kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung menuju Jakarta masih sekitar 1.220 dari parameter 2.800. Kemudian di Palikanci juga masih berada di angka 881 kendaraan dari parameter 2.800.

“Trennya memang ada kenaikan di masing-masing traffic counting kita ada kenaikan ya, namun ini masih belum signifikan,”¬†kata dia.

Kemudian, berdasarkan perhitungan jumlah kendaraan di KM 71 Tol Cipali juga menunjukan masih berada di angka 2.306 dari parameter 2.800. Lalu di KM 61 Tol Jakarta-Cikampek angkanya juga masih berada di 2.245 dari parameter 5.500

Begitu juga hasil pemantauan di KM 43 Tol Jakarta-Cikampek, angkanya masih berada di 1.101 dari para 4.100.

“Jadi untuk (Tol) Japek kita akan melihat melihat angka-angka dari counting tadi, jadi untuk (contraflow) arus balik juga belum kita berlakukan karena angkanya masih di bawah parameter,” tutur Aan.

Lebih lanjut, Aan turut memastikan penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap dari KM 414 Tol Semarang-Batang sampai KM 0 Tol Dalam Kota yang dijadwalkan hari ini juga belum berlaku.

“Iya (ganjil genap) belum, nanti kan kameranya ada di Kalikangkung kita pasang di situ,” ujarnya.

Setelah gelombang mudik, pemerintah saat ini bersiap menghadapi arus balik. Gelombang arus balik diperkirakan akan mulai besok, Sabtu (13/4). Puncak arus balik diperkirakan terjadi Minggu (14/4) dan Senin (15/4).

Cuti bersama berakhir pada Senin sehingga di hari Selasa (16/4) kantor dan aktivitas usaha sudah kembali dimulai.

(d/sur)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *